Animasi

Senin, 08 Juni 2015

Cara Bersaing Yang Sehat Dalam Bisnis

Cara Bersaing Yang Sehat Dalam Berbisnis


   Persamaan kelengkapan antara usaha satu dengan lainnya menyebabkan persaingan antara perusahaan satu dan lainnya. Sebagai contoh warung-warung daging di tiap kota, disitu pasti didapat barang-barang yang sama bentuknya, tidak ada perbedaan yang nyata. Toko-toko perhiasanpun begitu. Juga toko-toko pakaian, seolah-olah hanya seseorang yang memiliki kesemuanya itu. Mereka tampaknya


sama sekali tidak mau lagi untuk mengatasi saingan. Mereka mengerjakan pekerjaan yang sama dengan cara-cara yang sama pula.

Tetapi ada perusahaan, mungkin sepuluh persen, yang sudah dapat mengatasi tingkat persamaan ini. Mereka dapat mengerjakan barang-barang yang biasa dengan cara yang efisien.

Mereka juga sering mengerjakan pekerjaan ekstra. Tiap perusahaan semacam ini, dalam beberapa hal sangat kelihatan berlainan dengan yang lain. Mereka jadi terkemuka diantara pengusaha yang memegang peranan dalam dunia perdagangan atau industri. Dengan pertolongan efisiensi yang lebih besar dan perlengkapan yang lebih utama ditambah dengan cara-cara yang orisinil dan adanya orang-orang ahli serta orang-orang pandai diantara mereka, mereka dapat bersaing.

Saingan bukan hal yang merugikan, seperti anggapan kebanyakan orang yang lemah. Persaingan adalah salah satu dorongan untuk berpikir dan bertindak. Saingan dapat mencegah kelesuan dalam perusahaan. Persaingan dapat mendatangkan keuntungan bagi yang pandai dan menciptakan semangat besar untuk mereka yang bercita-cita.

Kita mengetahui, bahwa perusahaan dalam perdagangan dan industri yang lama pada dasarnya sama pula. Juga kita mengetahui, bahwa sering kali perbaikan sedikit saja yang digunakan dalam cara-cara berusaha, dapat meningkatkan keuntungan yang sangat besar. Satu perbuatan ekstra dapat memberikan kemenangan bagi seseorang dalam perlombaan terhadap saingan-saingannya.

Sekalipun dalam perusahaan kecil, seseorang dapat lebih utama dan kelihatan lebih istimewa dari pada saingan-saingannya.

Tiap orang, dapat dikatakan bisa mengatasi persaingan kalau ia sudah mengambil keputusan untuk memberi pelayanan yang lebih baik kepada langganannya atau pembeli-pembelinya. la tentu akan menaikan derajat tokonya jika dalam beberapa hal ia bertindak lebih banyak daripada yang diharapkan oleh pembeli. Mereka yang selalu mencoba menipu langganannya lambat laun akan ketahuan. Percobaan untuk membodohi langganan adalah perbuatan orang tolol.

Seorang pengusaha pabrik kecil, agar dapat mengatasi saingan harus dengan cara-cara yang disesuaikan dengan pabriknya. Secara umum perusahaan kecil akan membuat barang yang terlalu banyak ragamnya dan hanya sedikit saja yang sama. Maka seharusnya ia mengadakan spesialisasi. Hendaknya dibuat barang pilihan. Tempelkan cap perusahaan pada barang itu dan cobalah jual untuk selanjutnya ia dapat mengurangi ongkos-ongkos pembuatan dengan membuat barang secara besar-besaran.

Seorang pedagang besar dapat mengatasi saingannya, bukan dengan langsung menjual barang-barang itu seperti yang biasa dilakukan, ia bisa bekerja lebih baik dengan distributornya dan mencoba membantu mereka dengan mencoba barangnya. Seorang pedagang besar biasanya cakap dan sanggup memberikan bantuan yang baik pada distributornya. la jangan semata-mata menumpuk barang saja. Para pedagang besar harus dapat memberi petunjuk pada pedagang kecil bagaimana caranya supaya barang-barang jualannya lebih laris.

Seorang pedagang kecil dapat mengatasi saingan-sainganya dengan memperkenalkan tokonya dan memberikan pelayanan yang baik dan dapat memuaskan pembeli. Ini harus dilakukan agar mendapat kepercayaan dari para pembeli. Ia harus melatih para karyawannya supaya langganan dipandang sebagai tamu. Ia harus menyediakan barang-barang dagangan yang tidak banyak jenisnya dan memusatkan perhatiannya untuk menjual barang-barang yang cepat laku. Lakukan semua itu agar para langganannya merasa gembira ketika meninggalkan tokonya. Ini tanda bahwa ia sudah memecahkan kesulitan dan mengatasi bahaya saingan.

Selain itu, penelitian yang cermat dan peninjauan juga perlu dilakukan untuk bersaing. Banyak perusahaan yang sudah dapat mengatasi saingan dengan menggunakan lebih banyak uang untuk keperluan penelitian dan peninjauan.

Siapa yang dapat mengatasi saingan, pasti akan menimbulkan keuntungan besar bagi seluruh perdagangan dan industrinya. Ia sudah mengangkat perusahaannya ke tingkat yang lebih tinggi. la sudah memperoleh pengetahuan khusus. la telah menemukan cara-cara yang lebih baik. la telah menjadi guru dan pemimpin. la telah mendatangkan untung bagi dirinya sendiri, bagi para pekerjanya dan langganannya, juga bagi saingan-saingannya.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Friendly Blogger

Riefz Kios Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Bersaing Yang Sehat Dalam Bisnis . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Bersaing Yang Sehat Dalam Bisnis
Ditulis Oleh Unknown
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Bersaing Yang Sehat Dalam Bisnis ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Link Sumber : http://www.tuliskan.com/2012/04/cara-membuat-buku-tamu-di-sisi-kiri.html#ixzz3bbjjpONT